Pages

Monday, December 13, 2010

PROSES TERBENTUKNYA GUYOT

 Hey hey kawan kawan kebumian bagaimana kabar kalian? mudah mudahan baik. Maaf karena sibuk belajar admin blog ini 2 bulan tidak posting. Oh ya, bagi kalian yang sudah pernah membaca soal esay Olimpiade Kebumian tingkat provinsi 2010 pastinya kalian mendapati soal yang menanyakan tentang bagaimana pembentukan guyot? Maka dari itu mari kita bahas.

Step#1: new oceanic island

Semua dimulai dengan kelahiran pulau baru di tengah lautan biru yang eksotis… sebenarnya pulau itu adalah gunung api yang mencuat dari dasar laut dan biasanya terbentuk akibat hotspot di lempeng samudera atau dari spreading center..

Step #2: fringing reef
Terumbu karang butuh tempat yang dangkal, hangat, dan jernih untuk hidup tenang.. makanya banyak terumbu karang alias reef mengelilingi pulau volkanik baru tadi.

Step #3: barrier reef
Seiring berjalannya waktu (dan lempeng), pulau tadi kehilangan aktivitas magmanya. Gak ada lagi deh material baru yang dimuntahkan ke permukaan. Ditambah terumbu-terumbu karang makin marak dan menambah beban pulau plus erosi oleh gelombang laut…. jadilah makin lama pulau tersebut makin tenggelam. Terbentuklah laguna di sekitar pulau yaitu daerah yang digenangi air laut. Terumbu karang sendiri tetap mengelilingi pulau dan membentuk semacam penghalang sehingga disebut barrier reef

Step #4: atoll        
Makin lama, pulau tadi makin tenggelam … tapi terumbu karang masih bisa bertahan! (soundtrack: I Will Survive) Terbentuklah “cincin karang” yang terkenal dengan nama atoll.

Photobucket

Step #5: guyot
Sejauh-jauh tupai melompat akhirnya jatoh juga, sekuat-kuat terumbu karang bertahan akhirnya tumbang juga. Pulau yang dulunya berjaya di tengah lautan kini udah tenggelam terlalu dalam, sampai-sampai jaraknya terlalu jauh bagi terumbu karang untuk tetap muncul di permukaan. Hilanglah pulau+terumbu karang itu dari penglihatan kita! Tapi masih ada loh sisanya, apalagi kalau bukan guyot, gunung bawah laut dengan puncak datar. Puncak datar ini akibat erosi oleh gelombang laut selama proses penenggelaman pulau.

Photobucket

0 comments:

Post a Comment