Pages

Monday, August 2, 2010

Cerobong Asap di Dasar Laut Sangihe

Tim Indonesia Ekspedisi Sangihe Talaud atau Index/Satal 2010 kerja sama Indonesia-Amerika Serikat berhasil mengidentifikasi sebagian temuannya. Di antaranya, di kedalaman sekitar 2.000 meter ditemukan cerobong gunung api bawah laut yang bersuhu 300-400 derajat celsius.

Ekspedisi itu dimulai awal Juli 2010 dan direncanakan berlangsung sampai 10 Agustus 2010.

Kegiatan tersebut melibatkan 32 ilmuwan Indonesia dan 12 ilmuwan Amerika Serikat yang menganalisis hasil-hasil eksplorasi bawah laut dengan kapal riset Okeanos Explorer melalui Pusat Komando Penelitian di kantor Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan di Ancol, Jakarta Utara, serta di Seattle, Amerika Serikat.

Aktivitas gunung api bawah laut,  juga ada di perairan dangkal, contohnya di wilayah Bima. Di Nusa Tenggara Barat, malah terdapat aktivitas gunung api bawah laut dengan kedalaman 100-200 meter. Namun, eksplorasi ilmu pengetahuan tentang itu masih sangat sedikit.

5 comments:

EB said...

1. Dah bagus sih . . .
2. Tapi tulisannya gag keliatan >.<
3. Isinya mantab :D
4. Jangan lupa kunjungi http://earlan.info :D

Geosains Smansa said...

trimakasih kritik dan sarannya :)

FOTOSIMPEL said...

Lompatan besar c menurutku... Blog ini lgs menarik perhatianku... Yg sulit adalah menjaga momentum, shg blog ini akan hidup dan berkembang... Saya yakin blog ini akan menjadi invest yg berbuah pahala (amal jariyah.... Amin.

Geosains Smansa said...

amin... :)
insyaAllah.... akan ada info2 menarik lainnya untuk terus mengajak kawan2 mencintai bumi kita..
:)

Astronomi SMA N 1 Klaten said...

@ pak zulkarnaen : follow juga blog astronomi dong pak...

www.astronomi-smnsaklaten.blogspot.com

Post a Comment