Pages

Monday, August 2, 2010

Sinkhole

Pernahkan kalian membayangkan jika tiba-tiba tanah yang kita pijak ini amblong atau ambles dan kemudian membentuk lubang yang besar ?. Begitulah kira-kira gambaran Sinkhole. Secara gamblangnya, Sinkhole adalah kejadian alam dimana tanah menjadi ambles dan menimbulkan lubang yang besar karena adanya anomali tanah yang biasanya disebabkan karena pergeseran air yang ada di bawah tanah itu sendiri.
Sinkhole, atau dalam bahasa jawa lebih sering disebut luweng biasanya terjadi di tanah gamping atau di tanah yang mempunyai retakan dasar di bawahnya sehingga air mudah masuk. Pada awalnya ada sebuah retakan yang membentuk lubang akibat masuknya air. Daerah ini biasanya terjadi pada daerah yg tersusun oleh batu gamping. Batu gamping ini “relatip” mudah terlarutkan ketimbang batu pasir (batuan yang terssun oleh pasir, biasanya mineral kuarsa), lalu setelah itu akan terbentuk rongga yang kemudian akan terisi oleh air. Air itu sedikit demi sedikit akan mengikis tanah, sehingga jika kikisan air itu sudah sampai pada dasar tanah, maka Blunnnnnnng, tanahpun ambles.

untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.



 Seperti halnya yang terjadi di Guatemala.
 Setelah berminggu-minggu terdengar suara bergemuruh yang keras, akhirnya sebagian kampung miskin yang berpenduduk padat di Guatemala, ambles sedalam 100 meter. Bencana dahsyat ini membawa serta belasan rumah dan sejumlah penduduk yang kebetulan berada di dalam rumah maupun di sekitar bencana. Amblesan itu membentuk lubang yang sangat besar.  Dari lubang yang tampak tak berdasar saking dalamnya itu, keluar air dan bau busuk yang sangat menyengat hidung. Ada banyak dugaan terjadinya sinkhole di kota Guatemala itu. Antara lain, hujan badai dan pecahnya saluran penampungan limbah rumah tangga.
Namun itu hanya praduga-praduga saja, karena penelitian sebenarnya terhadap penyebab sinkhole di kampung kumuh kota Guetemala itu belum jelas benar.

0 comments:

Post a Comment